Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Cepat Habis

Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Cepat Habis – Baterai merupakan bagian penting pada kendaraan. Oleh karena itu, perlu dipahami kapan baterai mulai mengering. Berikut cara memperbaiki baterai yang mati

Tak heran jika aki dianggap sebagai bagian yang sangat penting pada mobil. Sebab tanpa baterai yang sehat, beberapa komponen lain tidak bisa berfungsi maksimal karena membutuhkan listrik. Penting bagi Anda untuk mengetahui cara memperbaiki baterai yang mati.

Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Cepat Habis

Dan parahnya lagi, mobil tidak bisa distarter apalagi dijalankan. Seperti yang Anda ketahui, dalam proses pengapiannya mobil membutuhkan aki sebagai baterai atau sebagai alat pemberi sumber listrik. Baterai menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia.

Penyebab Aki Motor Berjamur Dan Cara Membersihkannya

Dapat juga dikatakan bahwa aki, aki atau akumulator, selain itu juga aki, merupakan satu-satunya sumber energi listrik pada kendaraan. Dalam dunia otomotif, aki dibedakan menjadi dua jenis, yaitu aki basah dan aki kering.

Lalu apa perbedaan aki kering dan aki basah? Pada baterai jenis kering, cairannya lebih kental dan bentuknya gel. Sedangkan pada aki basah, cairannya lebih encer seperti air pada umumnya. Perbedaan lainnya adalah aki kering memerlukan perawatan rutin, berbeda dengan aki kering yang bebas perawatan atau bisa juga disebut maintenance free (MF). Agar lebih jelas, di bawah ini kami akan memberikan gambaran lengkap mengenai aki kering dan cara perbaikannya.

Pada dasarnya ada lima jenis baterai. Kelimanya mempunyai spesifikasi, kelebihan, kekurangan dan harga yang berbeda-beda, apa sajakah? Dibawah ini penjelasan lebih detailnya.

Yang pertama adalah baterai basah. Baterai jenis ini adalah baterai yang paling umum dan paling mudah ditemukan. Disebut aki basah karena di dalam aki ini terdapat cairan elektrolit atau air aki yang berupa asam sulfat. Air baterai basah mengandung timbal antimon, yang cepat habis karena potensi penguapannya yang tinggi.

Merk Aki Mobil Yang Bagus: Pilihannya Ada Di Sini

Biasanya aki basah dijual dengan harga lebih murah dibandingkan aki jenis lainnya. Tak hanya itu, banyak bengkel yang tentunya menjual atau servis aki basah. Namun aki basah memerlukan perawatan rutin. Penguapan yang terjadi dapat menyebabkan baterai cepat habis. Kemudian, jika perawatan tidak tepat, cairan dapat keluar dari baterai dan merusak komponen lainnya.

Meski disebut baterai kering, bukan berarti baterai jenis ini tidak mengandung cairan elektrolit. Baterai kering, sering disebut bebas perawatan, menggunakan cairan elektrolit yang mengandung kalsium timbal. Dibandingkan dengan timbal antimon pada baterai basah, timbal kalsium lebih efisien dalam proses penguapan. Selain itu, aki kering juga tidak perlu dirawat sesering aki basah karena aki ini tidak memerlukan pengisian elektrolit. Baterai kering juga tertutup rapat sehingga elektrolit di dalamnya tidak bocor.

Namun karena kualitas aki kering lebih baik dibandingkan aki basah, maka aki jenis ini dijual dengan harga lebih mahal. Kunci yang kokoh juga memiliki beberapa dampak. Pasalnya, saat melakukan perawatan aki kering, Anda harus mengganti bagian aki kering secara otomatis karena segelnya tidak bisa dibuka.

Baterai hybrid dapat digunakan oleh berbagai jenis mobil. Baterai jenis ini disebut hybrid karena teknologi yang digunakannya seolah-olah merupakan hasil penggabungan sifat-sifat baterai konvensional dan bebas perawatan, atau yang dikenal dengan singkatan MF.

Cara Mengatasi Aki Soak Pada Kendaraan

Baterai hybrid sebenarnya masih menggunakan cairan elektrolitik seperti baterai biasa, namun laju penguapannya sangat minim. Berbeda dengan tipe konvensional, baterai hybrid diisi cairan dari pabrik dan digerakkan secara elektrik. Jadi bisa langsung dijadikan baterai MF.

Bicara kandungan kimianya, baterai jenis ini merupakan hasil penggabungan baterai biasa dengan baterai kalsium. Berkat kombinasi tersebut, baterai jenis ini dikenal dengan tingkat penguapan yang sangat minim dan tidak memerlukan perawatan yang terlalu rutin.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait baterai hybrid. Seperti halnya baterai kalsium, baterai hybrid jarang ditemukan di toko. Selain itu, elektrolit di dalamnya bersifat korosif dan berbahaya bagi kulit manusia.

Seperti baterai konvensional, baterai hybrid memerlukan penggantian air. Hal ini merupakan bagian dari perawatan normal dengan menambahkan air pada aki agar aki dapat bekerja secara maksimal dan tetap stabil. Seiring berjalannya waktu dan penggunaan, terjadi proses penguapan pada baterai hybrid.

Rekomendasi Toko Aki Mobil Terdekat Di Kota Besar

Berbeda dengan aki kering dan basah, kutub aki ini terbuat dari bahan kalsium. Baterai kalsium memiliki tingkat penguapan yang lebih rendah dibandingkan baterai pada umumnya. Di sisi lain, umur baterai kalsium sangat baik dalam menyediakan listrik.

Sayangnya baterai jenis ini masih belum begitu populer di Indonesia. Baterai ini sangat jarang ditemukan di toko-toko. Kalaupun ada atau akan tersedia, stoknya akan terbatas dan harganya juga tidak bisa diabaikan.

Terakhir, baterai ini disebut baterai berteknologi canggih. Alih-alih menggunakan cairan elektrolit, baterai jenis ini justru menggunakan gel. Tentu saja, kemungkinan gelnya kecil untuk tumpah. Jika gelnya tumpah, Anda tidak perlu khawatir karena baterai ini tidak menggunakan elektrolit yang bersifat korosif atau berbahaya.

Harap dicatat bahwa baterai gel hampir tidak memerlukan perawatan apa pun. Umur baterai gel bahkan lebih lama dibandingkan jenis baterai lainnya. Tak perlu diragukan lagi, baterai gel dijual dengan harga yang cukup mahal. Di sisi lain, baterai jenis ini tidak akan mudah ditemukan di bengkel atau toko.

Jual Aki Kering Gel Motor Dryplus Dtz5s Gtz5s Mtz5s Ytz5s Ytz4v Suzuki Next Honda Beat Vario 110 Scoopy Supra Revo Yamaha Mio J Soul M3

Sayangnya, hanya sedikit orang yang mengetahui cara memperbaiki aki kering yang sudah mulai aus. Banyak orang yang masih menganggap aki kering yang sudah mulai aus tidak bisa diperbaiki.

Padahal ada cara memperbaiki aki kering yang mudah dan efektif. Namun perlu diingat bahwa memperbaiki aki yang kering bukan berarti aki akan menjadi seperti baru. Cara ini hanya bisa dilakukan pada kondisi tertentu saja atau bersifat sementara. Ketahanannya umumnya bergantung pada komponen di dalam baterai itu sendiri.

Setelah alat dan bahan sudah lengkap, Anda harus melepas terlebih dahulu aki pada mobil atau motor. Untuk melakukan ini, lepaskan terlebih dahulu terminal positif (+).

Hal ini bertujuan agar kunci mobil tidak terjatuh secara tidak sengaja dan terhindar dari percikan api yang menyentuh logam dan kutub negatif (-).

Cara Memperbaiki Baterai Senter Portable Dan Cara Mengatasi Senter Portable Mati Total

Cara lain untuk memperbaiki aki kering adalah dengan membersihkannya jika sudah kendor. Jadi ketika dia mulai membongkarnya, semua kotoran berjatuhan ke lantai. Sedangkan cara membersihkan aki, atau mengelap bagian yang kotor dengan kain hingga bersih.

Cara memperbaiki aki yang benar-benar kering lainnya adalah dengan membuka penutup aki. Gunakan obeng pipih (-) yang tersedia dan arahkan ke tulisan “Jangan dibuka”. Lakukan hal yang sama pada bagian samping dan belakang penutup baterai. Buka dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada wadah baterai.

Setelah membuka penutup baterai, Anda akan menemukan enam lubang. Kemudian isi menggunakan spuit dengan air dari aki (zuur). Isi setiap lubang hingga 1 inci di bawah lubang baterai.

Cara memperbaiki aki motor dan mobil kering ini juga bisa digunakan untuk aki basah. Jika semua lubang karet terisi, tutup rapat dengan selotip plastik hingga tidak ada celah lagi untuk masuknya udara.

Harus Tau! Perbedaan Aki Motor Basah Dan Kering Pada Motor

Saat mengisi daya baterai, hati-hati jangan sampai terkena kulit karena dapat menyebabkan iritasi. Jika terlanjur menyentuhnya, segera cuci dengan sabun untuk mengurangi iritasi.

Proses selanjutnya adalah pengisian tegangan aki kering. Bengkel biasa menyebutnya battery shock. Biasanya ada dua metode yang digunakan pada bagian ini, yaitu charge atau menggunakan teknik “jumper”.

Ini bukan cara baru, apalagi jika Anda pergi ke tukang reparasi. Biasanya terdapat sarana pengisian arus listrik ke dalam baterai. Mirip dengan mengisi daya ponsel, pengisian baterai kering menggunakan alat yang disebut adaptor atau trafo.

Sama seperti adaptor untuk mengisi daya ponsel atau laptop, namun kapasitasnya saat ini jauh lebih tinggi. Jadi proses pengisiannya lebih cepat.

Cara Merawat Aki Basah Agar Awet Dan Tahan Lama

Untuk menjalankan proses tersebut diperlukan bantuan baterai lain yang tentunya masih dalam kondisi baik dan sehat. Caranya tinggal menyambungkan aki kering yang sedang kita perbaiki ke aki sehat lainnya dengan menggunakan kabel jumper.

Kabel dari terminal plus (+) dan minus (-) aki lainnya disambungkan ke terminal plus (+) dan minus (-) aki yang telah diperbaiki. Kemudian hidupkan mesin kendaraan dengan aki yang sehat, diamkan kurang lebih 50-60 menit.

Bagi yang belum tahu, cairan pada aki kering berbentuk gel. Seperti yang sudah dijelaskan, penguapan gel ini sangat minim. Meski menguap, namun uapnya tidak keluar, melainkan tetap berada di dalam wadah. Mode pengoperasian ini memastikan volume kering baterai tetap terjaga tanpa memerlukan perawatan khusus.

Baterai sendiri mempunyai banyak fungsi. Mulai dari mengendalikan pengapian hingga menunjang suplai listrik berbagai komponen sistem kelistrikan mobil. Namun jika kalian sudah tidak bisa lagi menahan stunnya pasti akan sangat menyulitkan kalian. Oleh karena itu, ikuti prosedur di bawah ini untuk memperbaiki aki kering yang tidak dapat menyimpan listrik.

Penyebab Aki Soak Pada Motor Baru

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah melepas dan melepas baterai. Caranya adalah dengan melepaskan dua kabel yang masing-masing baru positif ke negatif. Lakukan langkah ini dengan hati-hati untuk menghindari masalah korslet. Setelah melepaskan kedua kabel, keluarkan baterai kering dari casingnya.

Anda sekarang dapat membuka penutup baterai. Pada saat yang sama, buka penutup karetnya. Jika semuanya sudah terbuka, Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah selanjutnya adalah mengisi aki kering dengan air bersih. Pertama, Anda perlu membeli air zuur. Pastikan air yang Anda beli adalah air yang benar agar tidak merusak baterai. Tidak hanya membutuhkan air mentah, Anda juga membutuhkan alat suntik.

Anda juga bisa menyuntikkan air zuur secara langsung. Kemudian menyuntikkan air ke dalam lubang baterai. Pastikan volume pengisian berada dalam batas yang benar. Jika jumlahnya terlalu banyak, kerusakan lain pada baterai dapat terjadi. Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi bukan? Oleh karena itu, proses pengisian air yang tertahan pada baterai harus dalam jumlah yang tepat.

Tips Merawat Aki Mobil Ketika Diparkir Lama

Sekarang tutup kembali baterai dengan rapat. Selain itu, ingatlah bahwa penutup karet menutupi baterai sepenuhnya untuk mencegah masuknya udara.

Anda dapat menyambungkan kembali kabel baterai. Sama seperti langkah pertama, proses pemasangan baterai harus dilakukan dengan hati-hati

Aki kering cepat habis, cara memperbaiki batre hp yang cepat habis, cara memperbaiki aki kering yang drop, cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis, cara memperbaiki aki kering, cara memperbaiki aki kering motor yang ngedrop, cara memperbaiki aki kering yang ngedrop, cara memperbaiki aki kering yang mati total, cara memperbaiki aki kering yang rusak, cara memperbaiki hp yang baterainya cepat habis, cara memperbaiki baterai yang cepat habis, memperbaiki aki kering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *